Customer Journey Mapping

Pahami setiap langkah dan emosi pelanggan

Rp499000.00Rp299000.00

Tanpa memahami perjalanan pelanggan, kamu tidak bisa mengidentifikasi titik mana yang paling krusial pada perjalanan pelanggan menggunakan produk dan layanan kamu.

CJM membantu kamu:

  • Melihat pengalaman pelanggan secara menyeluruh, bukan terfragmentasi

  • Mengidentifikasi titik lemah & peluang inovasi dalam customer experience

  • Meningkatkan kepuasan, retensi, dan loyalitas pelanggan

πŸ” Apa yang Akan Kamu Pelajari?

Di kelas ini, kamu akan belajar:

  • Apa itu Customer Journey Map (CJM) dan kenapa penting dalam merancang pengalaman pelanggan

  • Tahapan umum dalam perjalanan pelanggan (awareness β†’ consideration β†’ purchase β†’ retention β†’ advocacy)

  • Cara memetakan touchpoints, emosi pelanggan, dan hambatan di setiap fase

  • Teknik mengumpulkan data untuk membuat CJM: interview, survey, analytics

  • Membuat CJM yang bukan hanya visual, tapi juga actionable untuk decision-making

πŸ§‘β€πŸ’Ό Cocok Untuk Siapa?

  • Tim CX (Customer Experience) & Service Design

  • UI/UX researcher & designer

  • Product owner & marketer

  • Konsultan & akademisi yang ingin memahami behavior pelanggan

  • Studi kasus: contoh CJM dari bisnis F&B, retail, hingga layanan digital

πŸ“¦ Apa yang Kamu Dapatkan?

  • Video pembelajaran (durasi Β±75 menit)

  • Template Customer Journey Map (versi print & digital)

  • Panduan observasi & pengumpulan data

  • Studi kasus CJM dari berbagai industri

  • Checklist untuk validasi touchpoints dan pain points

  • E-sertifikat