Customer Lifecycle and Lifetime Value

Kenali siklus hidup pelanggan dan maksimalkan nilai mereka untuk bisnis jangka panjang

Rp599000.00Rp399000.00

Banyak bisnis fokus ke akuisisi, tapi lupa bahwa menjaga pelanggan lama jauh lebih murah dan menguntungkan.

Dengan memahami lifecycle dan CLV:

  • Kamu bisa memprioritaskan pelanggan yang paling berdampak

  • Menyusun strategi pemasaran dan layanan yang lebih tepat sasaran

  • Menyusun alokasi anggaran dengan lebih efisien dan berbasis data

πŸ” Apa yang Akan Kamu Pelajari?

Di kelas ini, kamu akan belajar:

  • Konsep Customer Lifecycle: dari prospek β†’ pelanggan baru β†’ pelanggan tetap β†’ pelanggan hilang

  • Strategi mengelola pelanggan di setiap fase lifecycle

  • Cara menghitung Customer Lifetime Value (CLV) secara sederhana & praktis

  • Menggunakan CLV untuk mengambil keputusan: strategi marketing, budgeting, hingga retensi

  • Segmentasi pelanggan berdasarkan nilai jangka panjangnya (high vs low value customer)

  • Studi kasus bisnis yang berhasil meningkatkan CLV dengan pendekatan berbasis data

πŸ§‘β€πŸ’Ό Cocok Untuk Siapa?

  • Marketing strategist & growth hacker

  • Tim loyalty & retention

  • Bisnis owner dan praktisi CRM

  • Mahasiswa & pemula yang ingin memahami value pelanggan secara mendalam

πŸ“¦ Apa yang Kamu Dapatkan?

  • Video pembelajaran (durasi Β±90 menit)

  • Template perhitungan CLV (manual & spreadsheet)

  • Panduan strategi per fase lifecycle pelanggan

  • Studi kasus nyata dari e-commerce, SaaS, dan F&B

  • E-sertifikat + akses grup diskusi